Tanyakan Mengapa, Jangan Siapa

Posted: Maret 15, 2016 in Pengembangan Diri
Tag:, , ,

Lain kali jika anda mengalami suatu kegagalan, pikirkan mengapa anda gagal, dan jangan siapa yang salah. Cobalah memandang kegagalan itu secara objektif sehingga lain kali anda dapat mengerjakanya dengan lebih baik. di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu anda menganalisis setiap kegagalan :

  • pelajaran apa yang dapat saya petik dari kegagalan ini ?
  • apakah saya menerima pengalaman ini dengan hati yang lapang ?
  • bagaimana saya dapat mengubah kegagalan menjadi sebuah keberhasilan ?
  • secara praktis, apa selanjutnya yang harus saya lakukan ?
  • siapa saja yang pernah gagal seperti ini sebelumnya, dan bagaimana orang itu dapat membantu saya ?
  • bagaimana pengalaman ini dapat membantu orang lain di kemudian hari suapaya dapat mencegahnya dari kegagalan ?
  • apakah saya gagal karena orang lain, karena situasi saya, atau karena diri saya sendiri ?
  • apakah saya benar-benar gagal, atau hanya karena standar tinggi yang tidak realistis ?
  • dimana saya pernah berhasil dan juga gagal ?

orang yang suka menyalahkan orang lain untuk kegagalan mereka tidak akan pernah dapat mengatasi kegagalanya

untuk dapat mencapai potensi, anda harus terus meningkatkan diri, dan anda tidak akan dapat melakukanya jika anda tidak mengambil tanggung jawab atas tindakan anda dan belajar dari kesalahan.

— your road map for success —

 

Tinggalkan Balasan

