Belajar Mendeskripsikan Baris Program

Posted: Juni 6, 2013 in JAVA
Tag:, , ,

HitungLuas

pada kasus diatas, diberikan variable radius untuk radius dan variable luas untuk luas. agar kompiler mengetahui apa itu radius dan luas, maka tipe data keduanya harus dinyatakan. program mendeklarasikan radius dan luas sebagai variable. kata kunci double mengindikasikan bahwa radius dan luas merupakan bilangan pecahan yang di simpan komputer.

langkah pertama adalah membaca radius, langkah kedua adalah menghitung luas dengan menugaskan hasil dari radius * radius * 3,14159  kepada luas.

pada langkah akhir, luas ditampilkan pada konsole menggunakan metode system.out.println.

 

variable-variable seperti radius dan luas berkaitan dengan lokasi memori. setiap variable memiliki nama, tipe, ukuran dan nilai. baris 5  mendeklarasikan bahwa radius dapat menyimpan suatu nilai double. nilainya tdk terdefinisi sampai kita menugaskan suatu nilai pada radius.  baris 8 menugaskan nilai 20 kepada variable radius. dengan cara yang sama, baris 6 mendeklarasikan variable luas dan baris 9 menugaskan suatu nilai kepada luas. berikut ini matrik pendeskripsian programnya agar lebih mudah dibaca

matrik

penjelasan dengan cara manual diatas penting untuk mengetahui bagaimana mana suatu program bekerja dan untuk menemukan kesalahan dalam program.

sekarang perhatikan tanda plus (+) yang ada pada baris 11, tanda plus (+) memiliki dua arti yaitu : satu untuk penjumlahan dan yang lain untuk menyambung string.

hehee, kalau penjelasan muter2 mohon di perbaiki ya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s