Apa itu string …?

Posted: Februari 11, 2013 in JAVA
Tag:

Dalam beberapa kasus terutama dalam pemrograman java kita sering menjumpai kelas String. oke mari kita bahas hal yang berkaitan dengan kelas String

dalam hal ini nilai suatu string adalah objek. objek ini berisi rangkaian huruf yang membentuk string dan juga berisi subrutin. kelas string mempunyai diantaranya :

  • s1.equals(s2) adalah fungsi yang mengembalikan nilai boolean (true atau false). Fungsi ini akan menghasilkan true jika s2 sama dengan s1, dan salah jika tidak. Kesamaan yang diuji adalah kesamaan persis baik kapitalnya maupun urutan huruf-hurufnya.
  • s1.equalsIgnoreCase(s2) juga menghasilkan nilai boolean yang menguji apakah string s2 sama dengan s1 dengan tidakmembandingkan kapitalnya. “Kucing”.equalsIgnoreCase(“kucing”) menghasilkan true.
  • s1.length(). Seperti diulas sebelumnya, fungsi ini menghitung jumlah karakter dalam string s1.
  • s1.charAt(N). N adalah integer (bilangan bulat). Fungsi ini mengembalikan karakter ke-N dari string s1. Karakter pertama dihitung sebagai posisi ke-0. s1.charAt(0) berarti mengambil karakter pertama, sedangkan s1.charAt(1) berarti mengambil karakter ke-2, dan seterusnya. Karakter terakhir memiliki indeks s1.length() - 1. Fungsi ini akan mengeluarkan pesan kesalahan apabila N bernilai negatif atau lebih besar dari s1.length() - 1.
  • s1.substring(N,M), di mana N dan M bilangan bulat. Fungsi ini mengambil potongan string antara karakter ke-N hingga karakter M-1. Catatan bahwa karakter ke-M tidak ikut diambil. Misalnya, “jalan layang".substring(1,4) menghasilkan “ala”.
  • s1.indexOf(s2) mengembalikan nilai integer. Fungsi ini mencari string s2 di dalam string s1, dan apabila ditemukan mengembalikan posisi awal s2 di dalam s1. Jika tidak ditemukan, fungsi ini akan mengembalikan -1. Fungsi ini bisa juga digunakan untuk mencari string s2 dalam s1 setelah posisi ke-N dalam string s1. Misalnya, "kelapa muda".indexOf("a")menghasilkan 3, sedangkan "kelapa muda".indexOf("a",6) menghasilkan 10.
  • s1.compareTo(s2) membandingkan s2 dan s1. Jika s1 dan s2 sama, hasilnya 0. Jika s1 kurang dari s2, hasilnya bilangan negatif , dan jika s1 lebih besar dari s2, hasilnya bilangan positif. “Kurang dari” atau “lebih dari” mengacu pada urutannya dalam abjad jika keduanya huruf kecil atau keduanya huruf besar. Jika kapitalnya berbeda, perbandingannya bergantung pada nilai ASCII-nya.
  • s1.toUpperCase() adalah fungsi untuk mengubah seluruh huruf dalam s1 menjadi huruf besar.
  • s1.toLowerCase() berfungsi untuk mengubah huruf dalam s1 menjadi hurug kecil.
  • s1.trim() adalah berfungsi menghapus karakter yang tak bisa dicetak, misalnya spasi, baris baru, enter, yang ada sebelum atau sesudah suatu kalimat. Misalnya "  selamat pagi bu  ".trim() menghasilkan “selamat pagi bu”.

Untuk s1.toUpperCase()s1.toLowerCase()s1.trim() nilai s1 tidak berubah. Fungsi ini melakukan perhitungan kemudian mengembalikan string baru hasil perhitungan tersebut.

Kita bisa juga menggunakan tanda + menyambung 2 string. Misalnya “mata” + “hari” menjadi “matahari”. Nilai yang dapat disambungkan bukan hanya string dan string, tetapi juga string dan angka, misalnya “jalan” + 2 menjadi “jalan2”.

sumber referensi : http://java.lyracc.com/artikel/java-untuk-pemula/kelas-string

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s