Tips Amankan SSH

Posted: April 8, 2012 in LINUX
Tag:,

SSH (Secure Shell) adalah suatu aplikasi network yang digunakan untuk meremot server atau eksekusi program. SSH (Secure Shell) adalah aplikasi yang menggunakan enkripsi berbeda dengan aplikasi lain misalnya Telnet atau rlogin. Sebab itulah SSH (Secure Shell) dapat memberi keamanan yang lebih daripada Telnet atau rlogin. Banyak orang menggunakan Telnet sebagai aplikasi jaringan mereka.

Sebenarnya hal tersebut kurang begitu aman sebab dalam proses mengirim atau menerima data memungkinkan sesion kita terlihat dalam bentuk text. Sehingga orang yang jahil yang masuk ke network kita dapat mengetahui username, password, atau perintah-perintah yang kita baca.

Dalam mengijinkan SSH untuk bisa di akses via IP Public tentu memerlukan sebuah tekhnik keamanan agar user tidak bisa langsung mengakses ke root sebuah system. ada beberapa cara di antaranya dengan mendisable akses root. untuk mendisable root dapat di lakukan dengan cara mengdit file sshd_config

 

 

 

kemudian edit baris

 

 

 

menjadi PermitRootLogin no

untuk tetap bisa mengakses SSH buat user baru dan login melalui user tersebut, dan jika kita ingin mengakses root kita bisa login melalui user baru yang kita buat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s